Jumat, 14 Desember 2012

MLATI [ MLAJAH TIMUR ]


                                                                              
                  Namaku sri agustinawati. Aku tinggal di daerah mlajeh bangkalan tepatnya mlati    [mljeh timur]. Tempatku tinggal biasa di singkat mlati, entah siapa yang pertama kali memberi julukan tersebut, yang aku tahu saat ini banyak orang di daerahku menyingkat mlajeh timur menjadi mlati. Bagiku nama atau sebutan tersebut merupakan suatu keunikan tersendiri bagi desaku ini. Orang-orang akan memiliki rasa ingin tahu terhadap desa kami karena nama yang unik.
               Aku beralamat jalan sidingkap II/ 22 B bangkalan. Aku tinggal di rumah yang  sederhana. Aku tinggal di rumah yang sederhana.ada beberapa sawah di rumahku, juga terdapat musholla kecil di rumah saat malam hari. Aku dapat melihat bintang yang bertaburan di langit. Saat melihatnya aku merasa kalau bintang begitu jauh. Sayang sekali…………..bintang yang begitu indah hanya bisa di pandang dari jauh. Saat jauh bintang begitu indah, tapi dari dekat siapa tau.
                Sawah di rumahku biasanya di Tanami padi, jagung, kacang atau lainnya yang bisa di Tanami di sawah. Saat padi mulai berisi aka nada burung yang akan memakan biji itu,,,,,. Karena itu biasanya petani membuat orang-orangan sawah untuk mengusir burung-burung yang ingi memakan padi. Orang- orangan sawah yang di buat bukan hanya satu tapi dua atau tiga.
                     Saat musim panen tiba,,,,,,,para petani memetik hasil panen mereka.  Orang- orang di desaku biasa menyebutnya “ nganyeh” tapi ada banyak orang. Orang- orang di desaku saling membantu satu sama lain. Jika ada sawah milik orang yang siap untuk di panen, tetangga lainnya juga akan ikut membantu untuk memanen padi tersebut.
                      Bukan hanya itu, saat ada  tetangga yang melahirkan tetangga yang lainnya akan membesuk, ada yang sakit juga di bentuk, pokoknya warga di desaku solidaritasnya tinggi dech. Aku senang, walau begitu,  desaku jauh dari kata sempurna, banyak yang perlu kami bangun banyak hal yang perlu kami perbaiki untuk menjadi desa yang maju. Walau tidak mudah melakukannya. Namun seperti kata pepatah “ dimana ada kemauan pasti ada jalan”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar